TELEMATIKA

jikalau kita berbicara mengenai kata yang satu ini, tentu sebagian besar dari kita akan terpikirkan tentang satu nama yaitu RY, yang seringkali disebut sebagai pakar telematika….. sebenarnya apa arti kata telematika tersebut ….!!!!! mengapa sering dikaitkan dengan gambar maupun video syur,,,,,??????,

mengapa tidak disebut pakar picturematika atau videomatika saja, kalau memang kata itu didapat dari perbuatan yang melihat, memperhatikan dan menarik kesimpulan berdasarkan alibi yang menyatakan sebuah gambar atau video itu asli atau rekayasa,,,,,>>>>?????? sehingga membangun suatu opini dimasyarakat yang sangat sempit sekali bahkan cenderung negatif terhadap kata tersebut,

“TELEMATIKA=RY=Gambar atau Video Syurrrrrrrr,,,,,,,=asli atau rekayasa”.

jadi sangat disayangkan sekali jikalau kata itu digunakan hanya sebatas pengertian seperti yang tertulis diatas yang beredar di masyarakat.

oleh karena itu saya akan memaparkan apa itu arti Telematika menurut narasumber saya, agar diharapkan dapat meluruskan opini yang buruk tentang kata TELEMATIKA tersebut dan dapat mengetahui arti kata tersebut secara baik.

baiklah saya akan mulai saja,,,,,

TELEMATIKA terdiri dari 2 kata, yaitu TELEkomunikasi dan inforMATIKA,

  1. TELEkomunikasi.

Kata Telekomunikasi sendiri terdiri dari 2 kata yaitu TELE dan KOMUNIKASI. Kata TELE berasal dari bahasa Yunani yang artinya jarak(dapat diartikan jarak jauh)   dan kata KOMUNIKASI yang berasal dari bahasa latin yaitu  “communis”, yang artinya berbagi. Dalam hal ini bukan berbagi harta benda melainkan berbagi informasi sehingga orang lain dapat mengetahui apa yang sedang kita pikirkan dan kita dapat mengetahui apa yang sedang orang lain pikirkan sehingga  terjadi hubungan 2 arah seperti dialog, bukan monolog.

Jadi dapat disimpulkan bahwa TELEKOMUNIKASI adalah saling berbagi informasi  dalam jarak yang jauh.

  1. inforMATIKA

Informatika (Inggris: Informatics) merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya: sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi. Aspek dari informatika lebih luas dari sekedar sistem informasi berbasis komputer saja, tetapi masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer.

Informatika mempunyai konsep dasar, teori, dan perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk tentang pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada umumnya. Penggunaan informasi dalam beberapa macam bidang, seperti bioinformatika, informatika medis, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan, merupakan beberapa contoh yang lain dari bidang informatika.

Dalam ruang lingkup yang lebih luas, informatika meliputi beberapa aspek:

  • teori informasi yang mempelajari konsep matematis dari suatu informasi
  • ilmu informasi yang mempelajari tentang cara pengumpulan, klasifikasi, manipulasi penyimpanan, pengaksesan, dan penyebarluasan informasi untuk keperluan sosial dan kemasyarakatan secara menyeluruh
  • ilmu komputer dan teknik komputer yang mempelajari tentang pemrosesan, pengarsipan, dan penyebaran informasi dengan menggunakan teknologi informasi dan alat lain yang berbasis komputer.
  • sistem informasi yang mempelajari mengenai teknik pengembangan suatu sistem untuk mengolah berbagai macam informasi yang ada.
  • keamanan informasi ilmu yang mempelajari mengenai kajian proses mengamankan dan melindungi data pada yang ada pada sistem atau komputers.

 

jadi berdasarkan penjabaran yang diatas tersebut maka saya simpulkan bahwa :

TELEMATIKA  : merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi yang saling berbagi informasi dalam jarak yang jauh.

Jadi telematika lebih mengarah kepada cara transformasi data itu sendiri dan komunikasi antar computer yang saling berbagi informasi menggunakan perangkat komputasi.

Jelas sudah bahwa Telematika bukanlah seperti yang disematkan kepada seorang RY melainkan mempunyai arti yang sangat luas.

Bukannya tindakan menyelidiki sebuah gambar atau video dan memutuskan apakah gambar itu asli atau palsu.

Demikian penulisan saya mengenai telematika, semata mata-hanya agar masyarakat dapat memiliki pengertian yang lebih baik mengenai arti dari kata TELEMATIKA.

Kurang dan lebihnya saya terbuka untuk kemajuan kita semua .

 

REFERENSI :

  1. http://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Special:Search&search=communication&fulltext=Search&redirs=0&profile=default
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/Tele
  3. http://id.wikipedia.org/wiki/Informatika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s