RAID TEKNOLOGI.

RAID TEKNOLOGI.

PENGERTIAN SINGKAT.

RAID, singkatan dari Redundant Array of Independent Disks merujuk kepada sebuah teknologi di dalam penyimpanan data komputer yang digunakan untuk mengimplementasikan fitur toleransi kesalahan pada media penyimpanan komputer (utamanya adalah hard disk) dengan menggunakan cara redundansi (penumpukan) data, baik itu dengan menggunakan perangkat lunak, maupun unit perangkat keras RAID terpisah. Kata “RAID” juga memiliki beberapa singkatan Redundant Array of Inexpensive Disks, Redundant Array of Independent Drives, dan juga Redundant Array of Inexpensive Drives. Teknologi ini membagi atau mereplikasi data ke dalam beberapa hard disk terpisah. RAID didesain untuk meningkatkan keandalan data dan/atau meningkatkan kinerja I/O dari hard disk.

Dlalam perkembangannya Raid digolongkan kedalambeberapa tingkatan dimulai dari RAID 0 hingga RAID terkini yaitu RAID 7, berikut penjelasannya :

  • RAID level nol (RAID 0 ) :
  • RAID level pertama: mirroring
  • RAID level kedua : Koreksi kesalahan dengan menggunakan kode Humming
  • RAID level ketiga : Pengecekan terhadap disk tunggal di dalam sebuah kelompok disk.
  • RAID level keempat: Pembacaan dan penulisan secara independen
  • RAID level kelima : Menyebarkan data dan paritas ke semua drive (tidak ada pengecekan terhadap disk tunggal)
  • RAID level keenam: Dibandingkan dengan RAID 5, RAID 6 menambahkan blok paritas informasi kedua independen.Paritas dua sistem independen menggunakan algoritma yang berbeda, data keandalan sangat tinggi, bahkan jika dua disk gagal pada saat yang sama tidak akan mempengaruhi penggunaan data.Namun, RAID 6 informasi paritas perlu dialokasikan ke ruang disk yang lebih besar, karena bertentangan dengan RAID 5 dengan “kerugian tertulis” lebih, jadi “menulis kinerja” sangat miskin.kinerja yang buruk dan kompleksitas dari penerapan cara yang RAID 6 jarang aplikasi praktis.
  • RAID level ketujuh : RAID 7: Ini adalah standar RAID baru, intelijen sendiri dengan sistem operasi real-time dan perangkat lunak untuk alat manajemen penyimpanan yang dapat menjalankan sepenuhnya independen dari tuan rumah, tidak memakan sumber daya CPU host. User biasanya mengkonfigurasi array disk bisa fleksibel untuk mendapatkan lebih sesuai dengan persyaratan sistem penyimpanan disk yang optimal dengan perfomen dan backup yang baik.

Ref :

  1. . http://id.wikipedia.org/wiki/RAID

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s