METODE

METODE

1. PENGERTIAN

Metode berasal dari Bahasa Yunani “Methodos’’ yang berarti cara atau jalan yang ditempuh. Fungsi metode berarti sebagai alat untuk mencapai tujuan. Pengetahuan tentang metode-metode sangat di perlukan oleh para pelaku kegiatan, sebab berhasil atau tidaknya kegiatannya sangat bergantung pada tepat atau tidaknya metode yang digunakan. Dapat dikatakan pengertian dari metode adalah : Tata cara yang disusun secara berurutan yang menjelaskan Bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu.

2. FUNGSI METODE

Sesuai dengan pengertiannya banyak METODE berfungsi sebagai cara penyelesaian masalah pada bidang keilmuwan, jikalau mengunakan metode maka akan mempermudah kita dalam menyelesaikan berbagai permasalan. Sebut saja Metode ilmiah, yaitu langkah-langkah yang ditempuh untuk memperoleh hasil ilmiah, Metode (ilmu komputer), suatu bagian kode yang digunakan untuk melakukan suatu tugas, Metode (musik), semacam buku teks untuk membantu murid belajar memainkan alat music dll.

3. CARA PEMBUATAN METODE.

Dalam pembuatan metode biasanya disusun berdasarkan tahapan tindkan yang dilakukan, mulai dari tahapan yang paling awal hingga yang terakhir. Contoh berikut adalah metode ilmiah, disusun sbg, berikut :

a. Observasi Observasi adalah pengamatan terhadap lingkungan sekitar untuk menentukan objek yang paling tepat untuk penelitian.

b. Menentukan dan Merumuskan Masalah Perumusan masalah dilakukan setelah melakukan observasi. Perumusan masalah digunakan untuk membatasi objek penelitian yang akan dilaksanakan. Rumusan masalah diwakili oleh pertanyaan-pertanyaan tentang objek penelitian.

c. Merumuskan Hipotesis Hipotesis adalah jawaban sementara atas masalah-masalah yang sudah dirumuskan.

d. Merancang Eksperimen Eksperimen adalah percobaan yang dilakukan untuk menguji hipotesis yang ada. Sebelum eksperimen dilakukan, terlebih dahulu harus ada perencanaan/rancangan penelitian. Dalam perencanaan penelitian meliputi metode eksperimen yang akan digunakan, alat, bahan, teknik analisis data yang akan digunakan dalam eksperimen hingga mendapatkan hasil yang akurat.

e. Pelaksanaan Eksperimen Pelaksanaan eksperimen dapat berjalan baik, bila perancangan eksperimen sudah matang. Pelaksanaan eksperimen adalah proses penelitian yang akan menghasilkan data-data eksperimen yang akan dianalisis untuk membuktikan kebenaran hipotesis yang sudah dirumuskan.

f. Pelaporan Penelitian Di akhir penelitian akan dirumuskan suatu kesimpulan yang menjadi konsep/teori. Secara keseluruhan pelaporan penelitian berisi tentang rumusan masalah hingga hasil akhir (kesimpulan) dari proses penelitian. Pengkomunikasian hasil penelitian dapat dilakukan secara tertulis dan lisan, dalam bentuk penyampaian data-data hasil penelitian, analisis hasil penelitian dan kesimpulan yang dirumuskan untuk menjawab rumusan masalah yang ada.

4. PERLU DIPERHATIKAN.

Dalam perumusan suatu masalah tidak hanya di butuhkan metode yang tepat dan baik tetapi juga sumber daya manusia yang baik dan proses pengerjaan yang baik pula,demikian maka diharapkan akan menghasilkan hasil yang baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s